Sabtu, 12 Januari 2013

Kuliah Cerdas

4 Cara Cerdas Cari Perhatian Dosen
Citacinta Dunia Kampus
Jangan salah, mencari perhatian dosen, tuh, bukan cari muka (carmuk). Walau tujuannya sama (biar dosen ingat dan syukur-syukur punya pertimbangan pas nilai kita jeblok, hehehe), mencari perhatian dengan cara cerdas, boleh dicoba...

Kita = bintang kelas
Menjadi bintang di kelas nggak harus selalu identik dengan nilai spektakuler, kok. Kita bisa mencuri perhatian dosen di kelas hanya dengan menjadi mahasiswa yang baik. Selalu datang tepat waktu dan nggak pernah terlambat mengumpulkan tugas (apalagi sampai tidur di kelas).

Selain itu bersikap pro-aktif di kelas bikin dosen melirik. Perhatikan penjelasan dosen, tunjukkan rasa tertarik kita pada pelajarannya dengan bertanya (jangan asal tanya, yah), dan jangan ragu buat sharing pengetahuan kita juga. Dijamin dosen langsung 'ngeh' dengan keberadaan kita!

Aktif terlibat

Setiap jurusan atau program studi pasti punya banyak acara, baik akademis maupun non-akademis. Sering-sering, deh, terlibat jadi panitia. Misalnya di acara pelantikan guru besar, dies natalis jurusan atau seminar-seminar.

Dengan aktif terlibat dalam acara-acara tersebut, kita jadi dikenal sama dosen-dosen, deh. Nggak menutup kemungkinan, kan, kalau kita jadi lebih akrab sama dosen-dosen dan siapa tahu kita bisa jadi orang pertama yang ditawari kalau ada side job dari mereka.

Eksis memberi
Rajin ngasih 'upeti' juga bisa bikin kita diingat dosen. Cukup beri seloyang kue buatan sendiri juga oke, tuh, di saat-saat tertentu  seperti hari ulang tahun, hari raya, dan sebagainya. Dan itu untuk semua dosen satu jurusan, ya!

Kalau mau memberi hadiah berupa barang, boleh-boleh saja kepada pembimbing skripsi atau pembimbing akademik sebagai tanda terima kasih saat kelulusan kita. Kalau nggak ada acara khusus, sih, mendingan jangan, deh. Dosen juga bisa ge-er dikira kita naksir, hihihi.

Sering berkunjung
Gali rasa ingin tahu kita lebih dalam lagi dengan bertanya sama dosen di luar jam kuliah. Kalau perlu, sering-sering mampir ke jurusan buat bertanya dan berdiskusi dengan dosen. Mereka bakal menghargai mahasiswa yang benar-benar niat mencari ilmu. Alasan lain, kita bisa minta referensi atau pinjam bahan dari mereka untuk tugas makalah yang diberikan. 
sumber : http://www.citacinta.com/cerdas/dunia.kampus/4.cara.cerdas.cari.perhatian.dosen/001/001/264

Tidak ada komentar:

Posting Komentar